Arsitektur

8 Mei 2013

Tips kuliah jurusan arsitektur


baiklah.. anda tertarik menjadi seorang arsitek?
Berikut beberapa hal/tips yang mungkin dapat memberikan pandangan tentang dunia arsitektur:

1. Tempat kuliah
Usahakan anda memilih universitas dengan akreditasi fakultas tertinggi di daerah anda tinggal/tujuan. lebih tinggi lebih baik, karena fasilitas lebih lengkap dan pengajarnya pasti lebih ahli. namun hal ini juga tergantung dari pribadi dan kemauan belajar masing-masing. (dan budget tentunya :)

2. Alat tempur
Untuk kuliah di arsitektur ada beberapa perlengkapan vital yang harus anda miliki seperti mistar panjang, mistar segitiga 45 dan 30 drajat, mistar mal(perabot), jangka, busur, pensil ukuran H, B, HB lengkap, penghapus, drawing pen 0,1/0,2 dst (rotring/snowman), spidol, pensil warna, tabung gambar, dll..
Nah untuk anda yang minatnya lebih ke komputerisasi, sisipkan budget untuk pc/laptop buat gambar.. Meskipun nantinya jarang dipakai di semester awal, karena awal2 lebih diutamakan gambar tangan manual, namun sangat berguna nanti di semester atas.

3. Rajin Pangkal Pandai
Walaupun anda berada di universitas terbaik namun anda malas, anda tidak akan maju. Jurusan arsitek sangat beda dengan jurusan yang lain. Disini praktek berjalan bersamaan dengan teori (bahkan terkadang lebih banyak prakteknya). Dan tugas adalah satu-satunya cara mengukur itu. Bahkan dari semester awal kita sudah diperhadapkan dengan kerumitan desain. Dibutuhkan ketekunan dan mental kuat untuk menghadapinya.

4. Banyak Menghayal
Pada dasarnya gambar hanya merupakan hasil dari ide pemikiran yang "dituangkan". Ide itu mahal, jadi banyak-banyaklah menghayal. Jangan dulu berpikir "gimana cara gambarnya?, gimana strukturnya?, tidak mungkin, aneh, susah, dll". Tidak ada yang tidak mungkin. Jika anda tidak bisa menjadi sempurna, jadilah unik..

sumber: http://arsiteko8.blogspot.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar